Agung Inspirasi

Visi-Visi Pencerahan

Memasang Gorden Bergambar Binatang May 15, 2008

Filed under: Hadist,Wawasan — ainspirasi @ 7:48 am

Dari Ibnu Umar r.a. Nabi bersabda barang siapa yang membuat gambar (suwar) akan dihukum di hari kiamat dan kepada mereka akan dikatakan hidupkanlah apa yang telah engkau gambar. (Bukhari 7/541, no.835, Muslim, 3/160, no 5268)

Aisyah r.a. berkata ketika Nabi datang dari sebuah perjalanan aku menutup pintu dengan gorden yang ada gambar kuda. Beliau memerintahku untuk menurunkannya dan akupun melakukannya. (Muslim, 3/1158, no5256)

Riwayat lain: Aisyah r.a. berkata ketika Nabi datang dari sebuah perjalanan aku menutup pintu kamarku dengan gorden yang ada gambar (tamaathil). Ketika beliau melihatnya beliau merobeknya dan bersabda “ orang yang paling besar hukumannya di hari kiamat adalah orang yang mencoba membuat sesuatu seperti ciptaan Allah” kemudian dari gorden itu kami membuat untuk satu atau dua bantal. (al-Bukhari, 7/542, no.838)

Al Hafiz Ibnu Hahajar berpendapat, “Kata tammathil merupakan bentuk plural dari kata timthal dan merujuk pada sesuatu yang memiliki gambar; dan kata itu artinya lebih umum dibanding shaakin (sesuatu yang memiliki badan seperti patung) atau naqsh (lukisan timbul), dahn (mengecat, melukis), atau nasaj (renda) di pakaian. Dari penuturan Bukair ibnu al-ashajj dari Abdurrahman ibnu al-Qaasim (Muslim, 3/1159, no 5256), ada kata-kata “..Dia (Aisyah) memasang gorden yang ada tasaawir (gambar).” (Fatul Baari, 10/401, no 59555)

Abdul Hamid Siddiqui yang menerjemahkan Sahih Muslim dalam Bahasa Inggris mengatakan: “ Orang mungkin bertanya kalau kain bergambar dilarang untuk gorden lalau mengapa tidak dilarang untuk bantal duduk? Jawabannya adalah kalau kain ada gambar maka kain digunting menjadi beberapa bagian dan dijahit lagi sehingga gambar tadi tidak memiliki bentuk. Selain itu gambar di gorden sangatlah jelas dibanding di bantal.

http://europenews.dk/en/node/8536

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s