Agung Inspirasi

Visi-Visi Pencerahan

Akhirnya Muhammadiyah Haramkan Rokok March 10, 2010

Filed under: Fatwa — ainspirasi @ 9:41 am
Tags: , ,

Hidayatullah.com—Para pecandu rokok mulai terjepit. Setelah Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa pengharaman rokok, kini giliran Majelis Tarjih dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengeluarkan fatwa haram merokok.

Bagi Muhammadiyah, keputusan yang disampaikan di Jakarta, Selasa siang (9/3), bukan tanpa pertimbangan matang. Setidaknya, menurut Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas, ada sejumlah hujjah kuat yang melandasinya. “Perubahan hukum tersebut berdasarkan alasan yang syar’i,” ujarnya ketika dihubungi hidayatullah.com siang tadi (9/3). Dia menjelaskan, merokok dari segi kesehatan, menurut dokter, mengandung mudhorot dan merusak kesehatan, bahkan bisa mematikan.

Keluarnya fatwa didasarkan pada Surat dalam Al-Quran Surat Al Baqarah yang berbunyi, وَأَنفِقُوا فِي سَبِيلِ اللهِ وَلاَ تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ وَأَحْسِنُوا إِنَّ اللهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ “Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” [Al-Baqarah: 195] Lebih jelas dia mengatakan, merokok merupakan perbuatan tabzir (pemborosan) dan habaits (buruk). Karena itu, menurut Yun, demikian ia biasa disapa, status haram merokok merupakan tujuan dari syari’ah (maqosidussar’iyyah). Karena, tujuan dari maqosidussar’iyyah di antaranya adalah hifdzunnas (menjaga manusia).

Diakui, perubahan status tersebut tidak mustahil mengundang kritik dari banyak pihak, terutama petani tembakau. Karena itu, dia mengatakan, para petani tembakau tidak perlu risau dengan fatwa haram tersebut. Sebab, selama ini yang diuntungkan dari bisnis rokok adalah perusahaan asing. “Petani tembakau dari dulu miskin, yang kaya orang asing,” jelasnya.

Karena itu, dia mengatakan, yang dirugikan dari fatwa haram rokok hanya perusahaan rokok. Untuk itu dia mengimbau agar para petani tembakau beralih ke pertanian lainnya. “Di bumi ini kan tidak hanya ada tembakau. Masih banyak jenis tanaman yang lain,” tegasnya.

Selama ini, Indonesia hanya dapat penyakit, sedang duit rokok dibawa ke luar negeri. Apalagi, yang paling banyak merokok adalah orang miskin. Guna mengantisipasi pengobatan bagi perokok, Muhammadiyah akan membuat klinik rehabilitasi perokok.

Sebagaimana diketahui, tahun 2005 Majelis Tarjih telah mengeluarkan fatwa yang berbunyi, merokok hukumnya mubah (yang berarti boleh dikerjakan, tapi kalau ditinggalkan lebih baik). Namun, fatwa itu kemudian direvisi karena dampak negatif merokok mulai dirasakan oleh semua lapisan masyarakat, tidak hanya oleh perokok. “Muhammadiyah merasa perlu mengingatkan kepada masyarakat akan bahaya tersebut,” ujar Yunahar Ilyas. [ans/www.hidayatullah.com]

 

4 Responses to “Akhirnya Muhammadiyah Haramkan Rokok”

  1. maula Says:

    rokok yang sehat ada ndak ya? hehehe..

    pak, salam kenal.. ada fb ndak? saya mau diskusi nih.. jzk..

  2. Rudi Says:

    wah muhammadya sembarangan masak rokok aja di haramkan gk setuju aku kan rokok itu udah zaman gk enak sampai zaman enak sekrang ini kok gk dari dulu2nya ce di haramkan rokok itu hah …..

  3. sarung bantal Says:

    salam kenal mas ains,,blog nya top bgt,,
    org yg nolak rokok itu haram mgkin karena dy ngerokok makanya hawa nafsunya ga mau ngakuin kalo ngerokok itu haram,,kan udh jelas bgt tu ngerokok merugikan dari sisi finansial trus jg dari sisi ksehatan

  4. Mr sukses Says:

    dari dulu seharusnya rokok diharamkan, ayo benahi generasi penerus kita!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s