Agung Inspirasi

Visi-Visi Pencerahan

BANYAK KADER TAPI KURANG BERMANFAAT December 30, 2010

Filed under: Uncategorized — ainspirasi @ 9:35 am
Tags: , , , , ,

Katanya jumlah kader PKS yang memegang ijasah S-3 berjumlah sekitar 200 orang. Dan sebagian besar kadernya pun berpendidikan (tarbiyah). Namun meskipun jumlah kadernya banyak yang berpendidikan tapi  PKS sendiri belum mampu menciptakan sebuah sistem organisasi yang baik. Terbukti jamaah PKS belum  berhasil membuat sebuah upaya pengelolaan sumber daya yang dimilikinya dengan baik dan rapi.

Sementara itu ormas lain yang bergerak di bidang dakwah seperti NU dan Muhammadiyah sudah lebih maju dalam mengelola sumber dayanya. Ada sekolah-sekolah dan sarana publik yang dikelola oleh NU dan Muhammadiyah. Tapi kita tidak pernah mendengar ada sekolah milik PKS atau rumah sakit milik PKS. Yang ada hanyalah sekolah milik orang per orang PKS. Dilihat dari perspektif sistem jamaah maka itu artinya sarana-sarana pendidikan hanya bersifat pribadi. Bukankah di kemudian hari cara pengelolaan yang bersifat individu akan sangat rawan dengan masalah?

Hal lain yang telah ditempuh oleh gerakan dakwah adalah memikirkan upaya antisipasi masalah-masalah keumatan dan perkembangan jaman. Ini pun tidak pernah disinggung-singgung oleh jamaah PKS sebagai sebuah gerakan. Akibatnya kiprah pemikiran PKS tidak begitu didengar. Pikiran-pikran serta gagasan-gagasan dari kader tidak pernah diangkat ke permukaan.  Pertanyaannya mengapa? Apakah jamaah PKS lebih suka dengan kata-kata merekrut, liqo, halaqoh, mutarabi, murabi, politik? Tidakkah ada di jamaah ini yang suka dengan pembahasan isyu-isyu hangat dan mendiskusikan nasip kemanusiaan, ekonomi, teknologi, dll? Apakah jamaah menempatkan pembicaraan ekonomi berada dalam kurungan kaum ekonom? Lalu di mana letak manfaat kader berpendidikan yang demikian banyak? Apakah mereka hanya ditugaskan merekrut muayid dan membina liqo? Apakah jamaah tidak membuat rencana bagaimana memanfaatkan kader-kadernya untuk menempati posisi-posisi penting di tingkat nasional? Jangan-jangan para kader dibiarkan saja naik turun secara alami. Atau sudahlah yang penting sekarang politik dulu dan rebut semua posisi lalu beres…res..

 

9 Responses to “BANYAK KADER TAPI KURANG BERMANFAAT”

  1. Paketaqi Says:

    saya pikir sebagian dari pemikiran antum ada benarnya tetapi saya melihat di daerah saya, di karanganyar, solo, dst sekolah-sekolah yang ada milik jama’ah meskipun atas nama yayasan yang dikelola oleh para anggota jama’ah dan masyarakat juga tahu + mengetahui itu adalah milik PKS.
    Dan masalah isu kontemporer juga mulai kembali dilihat oleh para qiyadah insya allah di daerah saya wallahu’alam untuk di daerah yang lain.

    • ainspirasi Says:

      Iya yayasan itu punya orang-per-orang. Maksud saya adakah yayasan itu atas nama PKS? pasti tidak karena tidak mungkin partai punya yayasan. Tentu salah bila dikatakan sekolah-sekolah itu milik PKS.

  2. seorangteman Says:

    Muhammadiyah telah berdiri sejak tahun 1924
    NU Berdiri sejak 1927
    PKS berdiri sejak 1998
    tolong dibandingkan antara rentang waktu yang ada dengan hasil yang didapatkan?

  3. samsun Says:

    bisa dimaklumi koment anda seperti itu, karena anda belum paham.anda melihat dari sisi luarnya saja (mengamati). membahas tentang sekolah milik pks akan panjang, krn hanya sebatas mengamati.
    lebih baik berbaik sangka sesama saudara muslim. lebih baik minum seteguk air, meski belum bisa menghilangkan dahaga daripada tidak minum sama sekali.
    “sebaik2 manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi sesama”

  4. Hamba Allah Says:

    kelihatannya anda sangat tahu tentang Pk sejahtera,cuma syang itu cm klihatannya saja,,,

  5. hamba allah Says:

    jawabannya anda sendiri yg bilang.. anda disamping org2 PKS..
    ya wajar aja dapat infonya secuil..

  6. uni Says:

    tapi ternyata salah, jangankan disamping kader, yang sudah kader pun belum tentu paham, kalau jenjang pemula belumi sangat nai seutuhnya paham jenjang muda dst, jadi anda tentu paham bagaimana kita paham rumah tangga pks kalau kita hanya sekedar lewat didepan rumah pks


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s