Agung Inspirasi

Visi-Visi Pencerahan

PKS Plin-Plan soal “Politisasi” Agama July 1, 2009

Filed under: Opini — ainspirasi @ 3:16 am
Tags: , , ,

Meskipun keputusan PKS mendukung SBY dalam Pilpres 2009 didasarkan pada keputusan majelis Syuro, sebagian masyarakat menilai keputusan itu termasuk tergesa-gesa. PKS dianggap sangat bernafsu mendapat sedikit keuntungan dengan mendukung SBY.

Langkah-demi langkah PKS sepertinya sudah makin tak terkendali. Pada awal pencalonan capres, PKS tidak meminta pertimbangan para kadernya. Ketika SBY menentukan cawapres tanpa berkomunikasi dengan PKS, para qiyadahnya lagi-lagi tanpa basi-basi dengan kader menentukan sendiri keputusannya. Padahal keputusan itu belum tentu sejalan dengan kemauan para kader di bawah. Ucapan ust. Tifatul yang menyederhanakan soal jilbab menjadi masalah yang tak kalah heboh. Gara-gara ucapan itu membuat kalangan Islam antipati dengan PKS. Belum hilang dari ingatan masyarakat soal jilbab timbul kehebohan baru. Ust Triwisaksana mengatakan isu agama adalah politik kotor. Ucapan ini bak Gempa Bumi. Apalagi diucapkan di depan kadernya sendiri (http://www.pk-sejahtera.org/v2/main.php?op=isi&id=7566 ).

Pada hakekatnya isu agama adalah isu yang fundamental. Orang-orang beriman akan mendahulukan soal keyakinan dibanding soal lain. Seeorang yang memilih sebuah keyakinan berarti dia telah siap menerima konsukwensinya. Bukanlah sebuah hal yang salah bila ada orang lain mempermasalahkan tentang agama seseorang di tengah komunitasnya sendiri. Itu merupakan hal yang wajar. Lalu mengapa soal agama dianggap kotor? Tentu saja yang tidak boleh adalah fitnah.

Anggapan isu agama adalah politik kotor bertentangan dengan apa yang dilakukan oleh PKS. Diberitakan ulama dan pimpinan pondok pesantren se-Indonesia termasuk PKS telah berkumpul dan menyatakan dukungan kepada SBY (http://www.eramuslim.com/berita/analisa/pks-sby-dan-legitimasi-agama.htm). Kalau bukan lantaran agama tidak mungkin para ulama itu berkumpul. Apakah ini bukan politisasi agama?

Peran PKS dalam mudzakarah para ulama seperti berita di atas patut juga dipertanyakan. Masalahnya mudzakarah itu telah melibatkan PKS yang jelas-jelas dari awal telah mendukung SBY. Apalah artinya musyawarah kalau sejak berangkat dari rumah pihak-pihak yang terlibat di dalamnya  telah mempunyai pilihan yang sama (mungkin mereka mau jalan-jalan ke Jakarta). Mudzakarah itu hanya sandiwara opera sabun. Sungguh-sungguh terasa anehnya ternyata hasil musyawarah itu ditanda tangani oleh PKS. Oh PKS dalam hal ini engkau sangat memalukan…

 

2 Responses to “PKS Plin-Plan soal “Politisasi” Agama”

  1. Samurai Says:

    aku bingung.., aku bingung..,
    bingung ya bingung,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s