Agung Inspirasi

Visi-Visi Pencerahan

Niat Sebening Embun January 21, 2009

Filed under: Wawasan — ainspirasi @ 5:25 pm
Tags: , ,

Maha Suci Allah yang lewat lisan Rasulullah mengungkapkan bahwa “segala perbuatan itu tergantung niatnya”. Ketika terbetik niat melakukan sebuah perbuatan dalam diri kita di situlah muncul kekuatan. Niatlah yang menyatukan segala jiwa dan raga. Dengan niat yang benar orang akan tegas melakukan sesuatu. Sering kita dengar ungkapan “perbuatannya kayak tidak niat” menandakan orang tersebut kurang memiliki azam, semangat, pada perbuatannya.

Bukankah niat itulah sisi lain dari why. Jawaban dari why adalah karena. Mengapa begini-begitu karena begini-begitu. Mengapa harus bekerja karena untuk…

Ketika ungkapan-ungkapan itu dikaitkan dengan ajaran Islam akan tampak relevansinya. Ketahuilah bahwa ulama-ulama setelah jaman sahabat seringkali memulai pembahasan kitab-kitabnya dengan masalah niat, why. Hampir semua atau bahkan semua ritual ibadah dalam Islam dianjurkan untuk dimulai  dengan niat. Sholat, puasa, zakat, dll semuanya ada rukun niat. Why? Dengan dipersembahkan ibadah itu kepada Allah semata-mata maka Allah akan memberikan berkahnya. Allah akan menurunkan buah ibadah tersebut di dunia dan di akhirat kelak. Bila why-nya tidak jelas maka sulit diharapkan datangnya berkah, nilai tambah. Sebuah ibadah yang diniatkan selain mengharapkan rahmatnya Allah maka tidak akan diterima ibadahnya itu. Ibadahnya sia-sia bahkan bisa menghinakan martabat pelakunya.

Berarti perkataan untuk selalu memperbaharui niat adalah sisi lain dari memperbaiki why. Why yang benar akan memunculkan sikap yang teguh. Beribadah dan berbuat dengan why yang benar, penuh keteguhan menjadi magnit spiritual yang menarik rahmat Allah. Cita-cita-cinta setiap Muslim seharusnyalah di setiap tarikan napasnya menjadikan Allah sebagai jawaban dari why. Untuk Allahlah segalanya kita persembahkan. Itulah jawaban why yang paling mulia baik di langit maupun di bumi .

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s