Agung Inspirasi

Visi-Visi Pencerahan

North London Central Mosque, Masjid Terbaik di Eropa November 19, 2008

Filed under: Wawasan — ainspirasi @ 2:28 am
Tags: ,

Hidayatullah.com—Hasill kompetisi bebrtajuk IslamOnline.net’s audience’s award menjadikan Masjid North London Centre sebagai pusat kegiatan Islam terbaik di Eropa.

“Sungguh baik saat mendengar kami telah mencapai prestasi, semua berkat Allah,” ujar Ahmed Saad, imam masjid North London Central Mosque.

Pada 15 September lalu, European Muslims Page dari IOL meminta para audiensi untuk mencalonkan pusat Islam favorit mereka untuk merebut penghargaan sebagai Pusat Islam Terbaik di Eropa.

Kriteria untuk nominasi termasuk layanan masyarakat, program pendidikan dan kebudayaan, proyek amal dan fasilitasnya, khususnya untuk wanita dan kaum muda. Selama 45 hari berikutnya, pihak panitia menerima komentar dan surat elektronik.

Hasilnya adalah North London Central Mosque sebagai pilihan utama dan meraih Best European Islamic Center Certificate. Posisi kedua dan ketiga ditempati London Central Mosque dan East London Mosque.

Tiga pemenang ini akan dimasukkan ke dalam IOL’s European Muslims sebagai model masjid.

Menurut Saad, kemenangan itu bisa memberi contoh tentang layanan berbasis masyarakat.

“Kami melayani setiap orang, wanita, anak muda dan orangtua. Orang-orang umumnya menyukai aktivitas sederhana dan murni dan kami sedang mencoba melakukannya,” ujar imam kelahiran Mesir.

Prioritas utama masjid North London Central Mosque adalah kaum muda karena masjid ini dilengkapi dengan sebuah pusat senam dan klub kaum muda.

“Kaum muda muslim menyelenggarakan berbagai program yang bisa memikat anak muda untuk datang ke masjid,” tambahnya.

Masjid ini dulunya dikenal sebagai masjid Finsbury Park Mosque. Pusat Islam ini juga menawarkan berbagai program pendidikan dan kebudayaan yang melayani berbagai lapisan masyarakat.

“Kami mencoba melayani lapisan masyarakat yang selama ini tidak dipedulikan dan membat masjid ini menjadi tempat menarik untuk mereka. Saat ini, kami menggelar aktivitas di masjid dimana bahasa Arab, Inggris, Somalia, Kurdi, Albania, Urdu dan Bengali sering dipakai,” ujarnya.

Selain itu masjid ini juga menggelar kursus, keterampian untuk proram kehidupan, pertemuan keluarga, perkumpulan dan kelas pendidikan, sekolah Al-Quran untuk pria, wanita dan anak-anak. Semuanya terjadi dalam berbagai bahasa. Imam muda ini masih memiliki rencana ke depan. Yaitu melibatkan anak-anak muda untuk berpatisipasi aktif di masyarakat. [iol/www.hidayatullah.com]

 

2 Responses to “North London Central Mosque, Masjid Terbaik di Eropa”

  1. franz Says:

    bisa saya mendapatkan informasi ttg masyarakat miuslim lokal

  2. eemoo Says:

    daftar masjid dan gambarnya di dunia —> http://www.majestad.wordpress.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s