Agung Inspirasi

Visi-Visi Pencerahan

Diplomasi Dunia dan Kondisi Dalam Negeri February 27, 2008

Filed under: Wawasan — ainspirasi @ 3:52 am

Ini merupakan sedikit hal tentang kondisi Indonesia yang diungkapkan oleh Dubes untuk Kerajaan Thailand, Bp. Ibrahim Yusuf, ketika menyambut hari Kunjungan Wisata 2008 yang lalu. Dubes mengundang semua mahasiswa untuk mendengar seputar hal-hal terkini berkaitan dengan negeri tercinta. Beliau menceritakan sedikit bagaimana sulitnya malakukan diplomasi internasional. Misalnya saja bagaimana sulitnya memenangkan perkara kepulauan Sipadan dengan Malaysia. Sebenarnya saat itu kita sudah bisa menang hanya saja tindakan pemerintah tidak agresif. Indonesia sepakat bahwa masalah itu tidak akan dibawa ke Mahkamah Internasional. Yang terjadi berikutnya adalah Malaysia giat membangun kepulauan itu dan akhirnya setelah dipersoalkan lagi merekalah yang menang. Ironisnya katanya, armada RI di laut sangat payah. Kebanyakan kapal RI layak jalan tapi tidak layak tembak. Sehingga ketika berhadapan dengan armada Malaysia diam saja.

Hal lain adalah bagaimana menumbuhkan ekonomi di Indonesia. Dubes juga dipanggil untuk mengusulkan kebijakan-kebijakan ekonomi yang akan diterapkan pemerintah. Beliau kemudian mengusulkan bagaimana agar di setiap wilayah dibuat kebijakan sehingga menumbuhkan ekonomi di tempat itu. Tapi sampai sekarang itu tidak pernah dilaksanakan.

Hal lain adalah bagaimana Dubes menjadi pembicara utama di dalam pertemuan Rektor RI-Thailand. Beliau bilang para Rektor PT Indonesia tak ada yang bicara. Mereka diam saja, padahal mereka kebanyakan tamatan luar negeri.

Intinya keberhasilan diplomasi dengan negara lain tergantung baik-buruknya kondisi dalam negeri. Makin baik kondisinya makin baik diplomasinya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s