Agung Inspirasi

Visi-Visi Pencerahan

PT DI KU Sayang PT DI ku malang September 8, 2007

Filed under: Uncategorized,Visi — ainspirasi @ 12:50 am

Aku tak punya urusan dengan PT DI. Keluargaku, tetanggaku, sahabat-sahabatku tak ada yang kerja di sana. Namun aku merasa sangat-sangat geram ketika mendegar PT DI dipailitkan. Aku tak tahu apa itu pailit. Hanya yang aku tahu pailit itu artinya sebuah usaha divonis bangkrut dan harus tutup.

Sebagai anak bangsa, sebagai orang Islam aku sangat sedih mendengar kabar perusahaan dirgantara kebanggaan Indonesia itu harus tutup. Wahai para pejabat bagaimana visimu tentang teknologi? Adakah Anda pikir siapa yang sangat-sangat senang mendengar pailitnya PT DI? Pertama, mereka adalah negara-negara maju, yah.. seperti Amerika dan sebagian negara-negara Eropa. Setidaknya saingan mereka berkurang satu dan pada saat yang sama mereka semakin menjadikan ketergantungan teknologi dirgantara Indonesia pada perusahaan-perusahaan mereka. Mereka ingin kita terbelakang di bidang teknologi dirgantara. Mereka ingin kita orang Islam tidak bisa buat peswat. Kita mungkin melihat hal ini sederhana. Tetapi kalau mau dikaji lebih dalam ini membawa dampak yang sangat luas. Kemajuan teknologi dirgantara adalah lambang supremasi teknologi. Secara pribadi, ini subjektif lho.., membuat mobil itu lebih mudah dibanding membuat pesawat. Ini artinya bisa membuat pesawat berarti sanggup membuat mobil. Bila ini terjadi berbagai pendukung teknologi ini akan berkembang dan akan menyerap tenaga kerja. Dan efeknya berbagai unit kegiatan pendukungnya akan makin hidup dan pertumbuhan tenaga kerja makin meningkat. Secara ekonomis isi sangat baik menutupi angka pengangguran. Sehingga kalau berhasil dan ditata dengan baik nilai ekonomi yang muncul dari efek teknologi dirgantara sangat besar. Hal ini tentunya sudah terbaca oleh para analis ekonomi barat. Jangan lupa pakar ekonomi barat lebih banyak dan mereka sanggup membuat analisis yang macam-macam termasuk damapak PT DI. Sehingga lewat jaringan internasional atau apapun namanya mereka akan berusaha menjegal PT DI untuk bangkit. Negara asing lebih senang kalau negara ini menjadi pasaran mereka. Mereka ingin kita menjadi tukang beli.., kalau tak punya duit ya hutang pada mereka. Kita diperas lagi.

Kedua, mereka adalah negara-negara sesama ASEAN. Mereka senang kalau PT DI tutup karena mereka bisa membeli para karyawan di PT DI yang telah disekolahkan susah-susah oleh BJ Habibie. Mereka tinggal memetik hasilnya. Mereka tak perlu menunggu bertahun-tahun untuk memperoleh tenaga handal di bidang pesawat. Tak perlu susah-susah menyekolahkan mereka. Mereka tak perlu ditraining macam-macam. Tinggal disuruh kerja, seperti mesin yang baru dibeli langsung jalan. Saat ini Malaysia telah gencar berusaha memebuat pesawat setelah keberhasilan membuat mobil. Thailand pun tidak mau ketinggalan. Kita dapat apa? Kita dapat apa????

Meskipun demikian aku berharap PT DI dimenangkan pada tingkat kasasi. Memang setiap kebijakan itu ada dampaknya. Ada yang diuntungkan dan ada yang dibuntungkan. Sehingga pertimbangannya kembali pada adakah manfaat yang diambil dari berdirinya PT DI lebih besar atau tidak. Aku yakin manfaatnya lebih besar, karena satu alasan fundamental yaitu teknologi tak bisa dibendung karena itu fitrah manusia yang selalu mencari penyempurnaan-penyempurnaan dalam memenuhi kebutuhannya. Mari kita doakan bersama semoga PT DI tetap eksis. Kalau aku jadi Presiden aku akan hidupkan kembali PT DI. Jayalah PT DI..!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s