Agung Inspirasi

Visi-Visi Pencerahan

Peringatan Isra’ Mi’raj di KBRI oleh Bp. K.H. Hasyim Muzadi August 24, 2007

Filed under: Selingan — ainspirasi @ 5:07 pm

Malam ini barusan saja pengajian disampaikan oleh bapak Kyai Hasyim Muzadi. Sebenarnya bukan beliau pembicaranya. Hanya karena beliau diundang oleh pemerintah Thailand dan mampir di KBRI jadilah beliau pembicaranya.

Apa yang beliau sampaikan datar-datar saja namun sangat membawa nuansa di pondok pesantren.  Beliau berkisah tentang gambaran hikmah yang dimiliki oleh orang-orang tertentu. Alkisah ada lomba gambar yang diselenggarakan oleh seorang raja dimana dijejerkan sepuluh orang yang berlomba menggambar di papan. Setelah dinilai gambarnya maka hanya ada satu orang pemenang yang di papannya itu tidak ada sebuah gambarpun. Orang-orang heran mengapa bisa begitu. Raja menjawab kareana papannya itu selalu muncul gambar berbeda. Papan telah digosoknya menjadi sangat mengkilap sehingga layaknya sebuah cermin. Sehingga bermacam-macam gambar bisa muncul dalam cermin itu. Itulah gambaran hati orang-orang yang memiliki hikmah. 

Beliau juga berkisah tentang kunjungannya ke Libanon dimana beliau bertemu dengan seorang syaikh sufi berumur 104 tahun dang menghafal sepuluh ribuan  hadist. Beliau bertanya kepada sang syaikh bagaimana caranya mengatasi ancaman biang kerok Isarael dan US. Sang Syaikh cuma tertawa panjang, yang membuat pak Hazim salah tingkah. Syaikh menerangkan dulu ada komunitas kodok berkumpul melakukan istigosah memohon agar meniadakan ular  karena ular menjadi ancaman dunia kodok. Permintaan mereka ditolak karena ada permintaan lain yang didahulukan yaitu permohonan dunia nyamuk agar ular dipertahankan sehingga kodok tidak mengancam nyamuk. Demikianlah Allah menciptakan segala sesuatunya menurut kehendak-Nya. Hikmah dibalik ini katanya adalah bukanlah memohon dihilangkannya ancaman atau godaan dunia tetapi lebih pada memohon diberikan kekuatan untuk menghadapi berbagai persoalan.

Hal lain yang disinggungnya adalah soal sholat. Perkara Sholat adalah hal yang biasa. Hanya saja hal itu mengingatkanku bahwa aku mungkin harus mulai lagi menata diriku. Bukannya aku mengabaikan sholat. Aku sholat menurut yang dituntunkan dan akupun mengikuti anjuran Rasulullah untuk menambah kwantitas sholat. Aku sempatkan sholat di Masjid minimal Magrib dan Isya.  Tetapi aku pikir, dan mungkin sesuatu yang sangat sulit adalah bagaimana agar ketika sholat itu betul-betul bisa meresap dalam diri sehingga memunculkan kekuatan batin yang mampu mencegah dari hal-hal yang mendekati, belum masuk, yang dilarangNya dan juga mampu menjernihkan persoalan-persoalan yang kabur. Aku rasakan ini sangat berat karena di Bangkok godaan fasya dan mungkar masyaa Allah sungguh luar biasa besar. Untunglah ada sedikit komunitas Muslim yang setidaknya mengingatkan aku pada Allah. Ah….aku berharap mudaha-mudahan Allah memberikan aku kekuatan untuk memahami dan melakukan segala yang Allah dan Rasulullah contohkan.           

 

One Response to “Peringatan Isra’ Mi’raj di KBRI oleh Bp. K.H. Hasyim Muzadi”

  1. jengkol Says:

    kang hasyim kamu koq mbanyol sih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s