Agung Inspirasi

Visi-Visi Pencerahan

Percaya yang Ghaib June 8, 2007

Filed under: Khutbah — ainspirasi @ 8:32 am

Salah satu doktrin yang ada dalam Islam adalah kita diwajibkan mempercayai adanya hal-hal yang ghaib. Dalam surat Al Baqarah hal ini pertama kali diungkapkan Allah. Kitab (Al Quraan) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa, (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib [14], ( Yang ghaib ialah yang tak dapat ditangkap oleh pancaindera. Percaya kepada yang ghaib yaitu, meng-i’tikadkan adanya sesuatu “yang maujud” yang tidak dapat ditangkap oleh pancaindera, karena ada dalil yang menunjukkan kepada adanya, seperti: adanya Allah, Malaikat-Malaikat, Hari akhirat dan sebagainya).

Sebagai sebuah dinamika kehidupan Allah telah memberikan dunia ini berbagai kejadian, berbagai hal, sunatullah baik yang telah kita ketahui saat ini maupun yang tidak atau belum kita mengetahuinya. Di luar sepengetahuan kita sunatullah-sunatullah itu terus berlangsung. Misalnya saat ini pastilah ada di luar masjid ini ada orang yang sedang makan-makan. Ada yang mendapat kesembuhan dari penyakitnya, ada yang senang atau pun ada yang susah, dan sebagainya. Meskipun kita tidak melihatnya berbagai peristiwa itu sangat mungkin terjadi entah di mana. Ini membuktikan bahwa tidak selamanya apa yang kita yakini kebenarannya berasal dari yang kita lihat. Saat ini pun apa yang terjadi dengan tubuh kita kita pun tidak mengetahuinya dengan pasti. Sekarang kita merasa aman-aman saja. Tetapi bagaimana dengan satu jam, satu hari, satu bulan berikutnya apa yang terjadi? Tidak ada yang bisa memastikannya. Dalam hal ini Allah berfirman dalam QS. 6:59.

Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)”

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s